download disini
Senin, 30 Juli 2012

Cara Jitu Memindahkan Aplikasi ke Memori External


















pagy agan2. kali ini ane akan tambahin cara memindahkan aplikasi android ke memori eksternal dari artikel sebelumnya. artikel sebelumnya bisa lihat disini. disini ane akan menambahkan trik2nya, dan trik ini berhasil di android ane gan. Tapi cara ini khusus untuk pengguna yang uda install link2sd ya.
1. install Apps 2 SD
2. lalu lakukan cara memindahkan memori dengan trik menggunakan SDK
3. buat link di memorimu menggunakan link2sd. apabila gagal. lakukan pembuatan link lagi dan reboot hape agan2 melalui reboot cepat di link2sd.
4. qlo gagal membuat link lagi, akan ada notif kok, nah klik az tuh notif dan reboot cepat lagi.
5. insya Allah di step kelima ini, memori berhasil membuat link. (centang untuk auto linknya ya gan)
6. buat link dari aplikasi yang terinstall di micro sd dulu, lalu buat link aplikasi yang terinstall di memori internal.
7. setelah selesai, buka aplikasi apps 2 sd. lihat bagian Movable, pilih aplikasi yang akan di taruh di memori card.
8. lakukan proses move secara manual.
9. lalu buka lagi link2sd. pilih sorot aplikasi yang ada di memori card. jika masih ada aplikasi, silahkan buat link lagi.
10. selesai dech.

memang cara ini seaka akan berputar2. tapi ini akan lebih membuat memori internal kita lebih lega daripada membuat link2sd seperti biasa. ( jangan pindahkan aplikasi seperti launcher ya gan, tapi qlo pakek memory class 10, gpp qlo dicoba.


Memori ane :
- 16 GB class 4, harga 72.000 (memori class 4 ato class 10 qlo di gayoung sama az gan. karena disini hanya dibutuhkan kecepatan baca data, buka kecepatan tulis. jadi mending pakek memori class 10 untuk kamera2 DSLR ato rekam video lewat hape yang high end.)
- ane bagi 3 partisi : partisi 1 (FAT 32,primary,cluster:default, ukuran 15 GB), partisi 2 (ext3, primary,cluster:4kb, ukuran 900MB), dan partisi 3 untuk linux swap (linux swap,primary, ukuran 100 MB). kenapa ane pake linux swap? meskipun partisi ini tidak digunakan. tapi jika memori eksternal ane kepenuhan. ane tidak akan takut rusak ato umur memori berkurang. karena ane uda kasih tuch ruang kosong 100 MB.
- memori tidak akan terbaca sesuai dengan label loch, karena pihak produsen dan software memiliki hitungannya sendiri2.

itulah ulasan dari ane, bila ada kurang lebihnya mohon maaf dan mohon bimbingannya. karena disini kita sama2 belajar ya. :D
Title: Cara Jitu Memindahkan Aplikasi ke Memori External; Written by Andry P.L; Rating: 5 dari 5
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. ga bisa gan harus memiiki akses ke root gan?

    BalasHapus
  2. ga bisa gan harus ada akses ke root, gmna tuh kalo kaya gitu?

    BalasHapus