download disini
Jumat, 21 September 2012

Desain dan Analisis Algoritma

Apakah itu desain dan analisis algoritma?
  • Suatu prosedur yang tepat untuk memecahkan suatu masalah dengan menggunakan bantuan komputer serta menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu seperti bahasa C, Ruby, VB, dan lain lain.
  • Suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut.
Dalam cabang disiplin ini, algoritma dipelajari secara abstrak, terlepas dari sistem komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.

Jenis-jenis Algoritma
  • Bahasa semu (pseudo code) : deskripsi dari algoritma pemrograman komputer yang menggunakan struktur sederhana dari beberapa bahasa pemrograman tetapi bahasa pemrograman tersebut hanya ditujukan agar dapat dibaca manusia. biasanya yang di tulis di pseudo code adalah variable dan fungsi.
  • Diagram alur (Flowchart) : suatu penulisan atau penyajian algoritma berupa diagram yang menggambarkan susunan alur logika dari suatu permasalahan.
  • Devide dan Conquer : membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan-permasalahan yang lebih kecil.
Dapat kita simpulkan bahwa, dengan penggunaan algoritma, kita dapat mengatasi masalah dari yang sederhana sampai masalah yang kompleks.

Contoh penggunaan Algoritma, pseudo code, dan flowchart
Soal : Rumus menghitung volume Balok
Kita tahu bahwa balok memiliki panjang, lebar, dan tinggi, dan rumus volume balok itu sendiri adala panjang x lebar x tinggi. setelah kita mengetahui volume balok, kita dapat mengimplementasikan ke Algoritmanya, boleh kita mulai dari flowchart dulu, pseudocode dulu, ataupun algoritmanya dulu. disini saya akan menggunakan algoritma terlebih dahulu

Algoritma menghitung volume balok
  1. Mulai
  2. masukkan panjang, lebar, dan tinggi balok
  3. hitung volume balok = panjang x lebar x tinggi
  4. cetak volume balok
  5. selesai

Pseudo Code menghitung volume balok
  1. start
  2. input panjang, lebar, dan tinggi balok
  3. proses volume balok = panjang*lebar*tinggi
  4. print volume balok
  5. end

Flowchart menghitung volume balok



itulah salah satu contoh sederhana pembuatan algoritma sebelum kita membuat program menggunakan source code.

Baca juga :
Title: Desain dan Analisis Algoritma; Written by Andry P.L; Rating: 5 dari 5
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar